Wednesday, January 14, 2009

Buni Ayu Gua dan Air Terjun

Gua Buni Ayu, terletak sekitar 26 km dari Kota Sukabumi, kearah Sagaranten (dr Jl Otista)… lewat Jubleg, Baros….. then ada tukang sate.. biasanya yang makan sopir and kenek truk… rasanya khas….. he…he…he….
Ada 2 jenis trekking, umum dan minat khusus. Kita ikutan yang umum jalan sekitar 250m ke dalam tanah (pp).. kita bayar tarif masuk, sewa peralatan, sepatu boot, plus guide (resmi).. ini amazing.. Gueeellappp banget… jalan ber-iringan.. dengan medan bervariasi.. tegak... nunduk... miring...lebar.. sempit... diterangi lampu karbit (khusus untuk cave trekking).. lantai berlumpur... pegangan dinding gua... dingin.. berair... begitu di terangi... ternyata tangan kita hampir aja menyentuh laba-laba gua... NOTE: binatang (laba2, jangkerik, ikan, dll…yang ada di gua ini buta semua… jadi maklum dech.. kita sama-sama ngga ngeliat.. stalaktit, stalagmit (batu hasil endapan kapur ataupun kikisan air dari atas/bawah)… bagus dan unik.. ada nama2nya…visual dan tambah imajinasi…hi…hi…hi…
Sampai di dasar gua…. Si guide bilang, taruh telunjuk didepan mata… bukan sulap bukan sihir…. Lampu dimatiin… pada tereaaaak tuch ibu-ibu… gelap bangettt. ..ngett.. kaga keliatan…. Gimana kalo di tinggalin… (kalo bawa HP yang ada senternya.. OK dech..)
Ada batu yang terus mengucurkan air dari atas… boleh diminum, karena sudah terfilter oleh alam… katanya berkhasiat.. (obat aus..paling gak..yeeee)…. Puas menikmati suasana gua yang ....adem… angin gua.. gemericik sungai bawah tanah… bau khas lumpur dan endapan batu kapur… susah di deskripsikan… harus nyobain sendiri.. dech..
TIP: Anak2 di atas 5 tahun sudah bisa di ajak menikmati gua treking ini. Tapi hati2… kala musim hujan tidak rekomended, ada potensi banjir sungai bawah tanah..
Minat khusus: dengan tali, turun vertical… treking sekitar 2.5 km (6 jam), ada sungai dan danau bawah tanah, keluar di air terjun….. perlu persiapan dan stamina..

Ada Air terjun, sekitar 1-2 km arah balik ke kota sukabumi, air terjun ini juga merupakan jalan keluar dari dalam gua, airnya agak coklat karena endapan dari dalam goa… jalan masuk ke air terjun lewat pesantren….. banyak santri dan santriwatinya… air terjun juga dimanfaatkan sebagai sumber air untuk pesantren, ada pompa dengan tenaga air terjun.. gimana caranya yach….????
Cukup worthed untuk jalan-jalan satu harian, lepas sarapan dari Villa Bella-Salabintana http://villabella-salabintana.blogspot.com/
(kalo rajin bangun pagi.. tea walk dulu.. sebagai warming up dan streching).. ke Gua Buni Ayu – Air terjun – makan Sate dipinggir hutan/tebing – di tutup dengan berendam air panas Cikundul….. nikmat dech..

No comments: